Peran Mahasiswa Ditengah Pendemi Covid-19 - Indonesia Satu
Beri teladan, pengasuh asrama XV Al Falah PPDU berbagi sembako
22/05/2020
Kutuk keras tindakan teror terhadap pembubaran dialog akademik di Yogyakarta, Begini sikapnya!
31/05/2020

Peran Mahasiswa Ditengah Pendemi Covid-19

Pandemic covid 19, Ya sebuah wabah yang saat ini merisaukan masyarakat dunia, hampir semua pihak terdampak oleh covid -19 ini termasuk mahasiswa, lantas peran apa yang harus di lakukan oleh mahasiswa dalam masa pandemic ini?,

Sadar tidak sadar kita sebagai mahasiswa terlelap oleh pandemic ini, Mungkin Mahasiswa sudah mulai lupa jika mahasiswa sebagai agent of change, sebagai agent of social, agent of control dan peran yang lainya, atau memang sudah tidak perduli karna sibuk dengan diri sendiri. Bagaimanapun tugas dan peran kita yang menyandang gelar sebagai mahasiswa pasti akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Tuhan

Jangan terlalu lama tertidur, jangan terlalu lama menutup mata, jangan pura pura tidak dengar keluh kesah masyarakat, sudah menjadi kewajiban kita sebagai mahasiswa berperan dalam menghadapi masa pandemic ini.

Lantas apa yang harus kita perbuat?, kolektif melakukan aksi kemanusiaan itu sangat baik, namun tidak cukup itu, kita perlu melakukan hal hal yang lain, memberikan trobosan trobosan baru, ide dan gagasan. Jangan hanya memikirkan mengenai covid 19.

Akan tetapi kita juga memikirkan pasca Covid-19 ini selesai, Bagaimana kondisi ekonomi, sosial, politik, dan budaya kita setelah pandemi ini berakhir?

Disini peran mahasiswa sebagai social control perlu di jalankan, Pemerintah pasti membutuhkan Ide ide dan gagasan mahasiswa, jangan sampai setelah pandemi ini berakhir kita menyesal, karena selama ini kita terlalu lama terlelap, terlalu lama menutup mata dan tidak melakukan apa apa.

Sebar kebaikan jangan ikut ikutan sebar kepanikan, tanpa kita sadari saat ini semua media terlalu fokus terhadap pandemi, ini bagus tetapi kesan nya terlalu berlebihan, perlu diingat sesuai ajaran Islam bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Setiap saat kita melihat televisi yang muncul corona, di instagram yang muncul corona, di twiter yang muncul corona, sampai kita menyadari banyak isu isu lain yang juga tak kalah penting terlupakan, seolah olah isu mengenai covid ini menutupi isu isu yang lain.

Jangan sampai karena Pandemi ini kita terlalu lama tertidur, terlalu lama menutup mata dan telinga, lalu kita menyesal dan baru menyadari setelah pandemi ini berakhir.

Penulis berharap kita sebagai mahasiswa tidak hanya memikirkan mengenai pandemic ini, tetapi kita juga harus memikirkan apa yang akan terjadi ketika pandemic ini berakhir, karena perang yang sesungguhnya akan dimulai ketika pandemic ini berakhir, terus berjuang. Yakin Usaha Sampai

PENULIS : Mundzir. MZ (Ketua Umum HmI Jombang 2017-2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *