Pecel Lele, Bangka dan PKL - Indonesia Satu
Sisi kelam dari kemajuan teknologi
20/08/2019
Pecat (Presdir) PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.
22/08/2019

Pecel Lele, Bangka dan PKL

Oleh Budi Kurniawan

Orang Bangka secara kultural bukanlah pemakan ikan Lele (ikan Keli). Namun ketika Krisis ekonomi 1998 ikan Lele diperkenalkan orang Jawa yang berjualan sebagai PKL pecel Lele hingga saat ini. Orang Jawa merantau ke Bangka menjadi PKL karena kehilangan pekerjaan di sektor formal, jadilah menjadi pedagang kaki Lima sebagai pilihan untuk bertahan hidup. Kebetulan pada saat itu orang Bangka sedang menikmati bonanza lada, sawit dan timah. Maka bermigrasilah orang Jawa ke Pulau Bangka untuk hidup yang lebih baik.

Para ekonom memuji sumbangsih PKL dan sektor informal lainnya sebagai penyelamat ekonomi Indonesia, penyelamat ekonomi rumah rangga tetap survive di Tengah Krisis ekonomi 1998. Anak muda di UGM sampai harus bentrok dengan satpam UGM Karena menggusur PKL di sekitar trotoar RS Dr Sarjito. Saya sedikit banyak beberapa Kali nimbrung aksi mahasiswa menolak penggusuran PKL di UGM itu.

Tahun berganti muncul Kemudian seorang walikota yang mampu menata PKL secara humanis. Namanya Kemudian dikenal secara luas karena cara dia menata itu sangat beradab. Jadilah ia masuk sebuah majalah Karena mampu menata PKL tadi. Dia adalah Jokowi saya mengidolakan dia juga saat itu dan buat tulisan yang memuji kinerja nya.

Hari ini anak muda menang gugatan di MA untuk menolak PKL berjualan di trotoar. Ia mengatakan PKL seharusnya dilarang berjualan di trotoar. Generasi saya mungkin sudah berbeda dengan anak muda itu dalam melihat PKL. Bagi generasi kami yang sok sosialis, PKL ada Karena negara gagal menyediakan lapangan kerja yang layak. Anak muda generasi sekarang memandang PKL tidak lagi pahlawan krisis ekonomi. Anak muda itu memandang PKL adalah masalah di ruang publik Kita. Tetapi anehnya parkir mobil di atas trotoar tak masalah namun rakyat kecil berjualan adalah kanker sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *