Eusideroxylon Zwager - Indonesia Satu
Magic Love
09/01/2020
KSR PMI IAIN Metro akan galang dana untuk Tanggamus
12/01/2020

Eusideroxylon Zwager

Nama lengkapnya Eusideroxylon zwageri orang-orang memanggilnya kayu ulin. Telah lama ia berguru dengan beringin kecil di sela batu. Gigih berjuang menolak keluh walau akar terhimpit, tertindas, tiada daya.

Dahulu biji beringin dibawa terbang oleh pipit kelana yang angkuh. Sekejap ia terjatuh di celah batu, tiada pilihan, ia berkecambah, akar mungil pertama berusaha menjangkau-jangkau tanah. Dalam keputusasaan dinding batu mengiris akar, bukan hanya sekali tapi entah berkali-berkali. Namun ia telah memutuskan sebuah keputusan untuk hidup dalam pendirian yang tangguh, ia harus berhasil.

Kegigihan bertarung logika, serta perang nyinyir dari semesta. Hingga bersemi tunas pertama dan kini ia meraja dibelantara. Sinar mentari hampir semua miliknya.

Buah kayu ulin yang baru saja menyentuh tanah kini sudah terbelah, akar kecilnya bergerak menuju bumi, diam-diam meringkuk mencari sinar dalam rindang beringin kokoh, dibawah tanah basah ia bertekat ingin berdiri setara dengan beringin yang mungkin nanti telah makin besar dan tumbuh.

Anggara Herli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *